Kamis, 05 Januari 2012

Senduk dan Sodo

Senduk dan Sodo di ambil dari bahasa sasak yang berarti penguah/pengaduk, kegunaan Senduk sama Sodo tidak jauh berbeda hanya saja, kalo Senduk kegunaannya untuk mengagiq nasi ke piring, sedangkan Sodo sebagai penganduk dalam pembuatan jajan renggi/opak-opak (Jaje Penamat).
Dalam proses pembuatan/pembentukan, untuk menghasilkan senduk yang bagus dan berkualitas dan di pakai setiap hari, di butuhkan seorang pengerajin yang sudah bisa dalam hal pembuatan senduk tersebut. 
Bahan-bahan untuk pembuatannya tidaklah terlalu langka, hanya saja membutuhkan Pisau, Golok, Geregaji, dan Keterampilan.
PROSES PEMBUATAN SENDUK: senduk terbuat dari bahan kayu dan ketangkai kelapa, cara pembuatannya cukup sederhana, pertama potong kayu kira-kira Satu jengkal setengah atau sesuai keinginan anda, lalu di ukir pakai pisau, dan bentuk sebagus-bagus mungkin, nah disinilah tempat membutuhkan keterampilan, setelah ukiran kayunya selesai, nah sekarang giliran untuk pembentukan perangkapnya, perangkapnya terbuat dari ketangkai kelapa, caranya buat tangkai kelapanya seperti bulat agak lonjong sedikit setelah itu baru dihaluskan memakai amplas. 
PROSES PEMBUATAN SODO: proses pembuatan Sodo tidaklah terlalu berbeda, hanya saja, Sodo tidak membutuhkan ketangkai kelapa sebagai perangkapnya, cukup dengan kayu saja. Untuk pembuatan Sodo ini sangat membutukan sekali seorang ahli pembuatannya, karena pembuatan Sodo ini agak sedikit rumit dalam pembuatannya, sedikit lain halnya dengan pembuatan senduk.

0 komentar:

Posting Komentar